Penjelajah

Memuat...

Jumat, 25 Juni 2010

Pengertian Hadits

Al-Qur'an Hadits Online dari Kiyai Mas Gun berkata: "Untuk tahu hadits, ada baiknya terlebih dulu kita mempelajari ilmu hadits, agar tidak sembarang mengambil hadits dari sumber tidak jelas, yang bisa berakibat penyesatan diri dan umat dalam berhujjah menentukan hukum. Untuk mengawali belajar ilmu hadits, sebaiknya dimulai dari mencari pengertian sekitar hadits, agar mudah memahami kajian-kajian yang berkaitan dengan ilmu hadits, sehingga tidak mengambang dalam mempelajari hadits dikemudian hari.

Pada tulisan kali ini, penulis mencoba menyajikan pengertian hadits dari dua fersi kajian, yaitu dari fersi pengertian hadits menurut lughot dan pengertian hadits menurut istilahi di kalangan ulama hadits. Agar lebih seru, mari ikuti kajiannya berikut ini.

Pengertian Hadits Menurut Lughot

Hadits merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab, dengan akar kata: "haddatsa, yuhadditsu, huduutsan, wa hadaatsatan." Dengan beberapa makna, diantaranya adalah:

1. Al-Jiddatu, artinya "baru" yaitu: "sesuatu yang ada setelah tidak ada atau sesuatu yang wujud setelah tidak ada, lawan dari kata al-qadim = terdahulu."1 Dalam ilmu tauhid hal ini tujuannya kepada segala sesuatu selain Allah.

2. Al-Jadid, artinya "sesuatu yang baru, menunjukkan sesuatu yang dekat atau waktu yang singkat."2 "Jadid, lawan qadim = yang baru. Jama'nya: hidats, hudatsa' dan huduts."3 Dalam ilmu tasawuf, hal ini ditujukan kepada selain Allah.

3. Al-Khobar, artinya "berita", yaitu: "sesuatu yang diberitakan, diperbincangkan, dan dipindahkan dari seseorang kepada orang lain."4

4. Al-Qarib, artinya "dekat"5, yaitu sesuatu yang diberitakan seolah-olah baru saja diinformasikan. Lawan kata dari qarib adalah ba'id (jauh).

5. Al-Lisan, artinya "omongan, perkataan, ucapan dan sebangsanya."6 Lawan kata dari lisan adalah "uskut" (diam).

6. Ath-Thari, artinya "lunak, lembut dan baru."7

Pengertian Hadits Menurut Istilahi

Para ulama ahli hadits terdahulu telah memberikan banyak pengertian tentang hadits, sebagai berikut:

1. Menurut Mahmud Ath-Thahan
"Sesuatu yang datang dari Nabi saw baik berupa perkataan atau perbuatan dan atau persetujuan."8

2. Menurut Prof. Dr. T.M. Hasbi Ash-Shiddieqy:
"Segala ucapan Nabi, segala perbuatan beliau dan segala keadaan beliau."9

Namunpun begitu, sepertinya pengertian di atas belumlah lengkap, sesuai dengan situasi dan kondisi hadits yang kita terima dari berbagai kitab hadits penulis berpendapat bahwa hadits adalah "segala perkataan, perbuatan, persetujuan, pensifatan, sejarah, dan cita-cita yang disandarkan kepada Nabi Muhammad saw." Itu sebabnya hadits di kelompokkan kepada beberapa komponen, yaitu:

  1. Hadits Qowli, yaitu segala perkataan Nabi Muhammad saw.
  2. Hadits Fi'li, yaitu segala perbuatan Nabi Muhammad saw.
  3. Hadits Taqriri, yaitu segala persetujuan Nabi Muhammad saw.
  4. Hadits Washfi, yaitu segala sifat Nabi Muhammad saw, yang terbagi ke dalam dua pengertian yaitu: (a). Hadits Kholqi, yaitu segala sifat fisik Nabi Muhammad saw. (b). Hadits Khuluqi, yaitu segala sifat perangai Nabi Muhammad saw. Diamnya Nabi juga termasuk dalam kategori hadits khuluqi.
  5. Hadits Tarikhi, yaitu segala sejarah Nabi Muhammad saw.
  6. Hadits Hammi, yaitu segala cita-cita Nabi Muhammad saw.
Referensi:

1. Dr. H. Abdul Majid Khon, M.Ag., Ulumul Hadis, Amzah, Jakarta, Cet. 3, Agustus, 2009, Hal. 1.
2. Drs. H. Mudasir, Ilmu Hadis, Pustaka Setia, Bandung, Cet. 2, April, 2005, Hal. 11.
3. Prof. Dr. T.M. Hasbi Ash-Shiddieqy, Sejarah Dan Pengantar Ilmu Hadits, Bulan Bintang, Jakarta, Cet. 6, 1980, Hal. 20.
4. Dr. Muhammad 'Ajaj Al-Khathib, As-Sunnah Qabla At-Tadwin, Darul Fikr, Beirut, 1971, Hal. 20.
5. Ibid.
6. A. Hasan, Tarjamah Bulughul Maram, Diponegoro, Bandung, Cet. 15, 1989, Hal. 10.
7. Dr. H. Abdul Majid Khon, M.Ag., loc. cit.
8. Ath-Thahan, Taysir Mushthalahul Hadits, Dar Ats-Tsaqafah Al-Islamiyah, Beirut, Tanpa Tahun, Hal. 15.
9. Prof. Dr. T.M. Hasbi Ash-Shiddieqy, op. cit, Hal. 22.

Sumber:
http://www.alquranhaditsonline.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

JAMA'AH

TENTANG ANE

Foto saya
Sibolga, Sumatera Utara, Indonesia
Insya Allah ahli di bidang pengobatan segala jenis penyakit medis/non medis dengan tarif Rp....... Seikhlasnya. Dengan keikhlasan, kita mampu lebih maksimal menolong sesama sedaya mampu yang Allah anugerahkan kepada kita, sudah banyak yang sembuh dan sekarang giliran anda. Hub saya di Hp: 085276600050.